Berita
Ciptakan Generasi Al-Quran IRMADAH UMP Bekali Guru TPQ Se Kabupaten Banyumas
Kamis 3 Mei 2018      Berita
Ciptakan Generasi Al-Quran IRMADAH UMP Bekali Guru TPQ Se Kabupaten Banyumas

Pendidikan non formal sering kali tak terkelola dengan baik atau bahkan terabaikan dan dipandang sebelah mata. Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) sebagai salah satu lembaga pendidikan nonformal tak luput dari hal tersebut. Masih banyaknya TPQ di Banyumas yang belum mengenal menejemen yang baik menggugah pikiran Ikatan Remaja Masjid Ahmad Dahlan (IMADAH) Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk mengadakan pelatihan bagi guru-guru Taman Pendidikan Quran TPQ se- Kabupaten Banyumas.

Kegiatan pelatihan guru TPQ itu berlangsung di Aula Ak Anshari, Minggu, (29/4/2018)yang diikuti sebanyak 83 guru TPQ se Banyumas menghadirkan dua pemateri yaitu Lubab Habiburrahman, S.H, M.H., sebagai sekertaris Badko TPQ se Banyumas, dan Ustad Idzma Mahayati, S.E. Trainer Mengajar Asyik.

Acara  yang berlangsung samapi duhur ini mengusung tema ‘Optimalisasi Manajemen TPQ Demi Terwujudnya Generasi Al-Quran’.

“Pelatihan guru TPQ ini diadakan sebagai rangkaian kegiatan pra Ramadan yang diadakan setiap tahun, acara ini juga bertujuan untuk mengoptimalisasikan dan membentuk manajemen TPQ yang lebih tertata agar anak-anak TPQ lebih siap dan antusias kembali mengikuti kegiatan di TPQ”, kata Ketua Panitia Fajar Muhammad Fauzi.

Fajar berharap para guru TPQbisa memiliki sistempengelolaan yang lebih baik dan dapat menciptakan generasi qurani.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Ahmad Dahlan UMP Muhammad Agung Miftahudin dalam sambutannya mengatakan, pendidikan Al-Quran kini semakin kurang diminati. “Anak-anak saat ini lebih suka bermain gadget dari pada belajar di TPQ, bremain social media dari pada membaca al-quran”, tuturnya.

Agung berharap dengan diselenggarakannya acara tersebutdapat memberimotivasi dan inspirasi dalam mengajar di TPQ. “Pelatihan manajemen ini nantinya mampu memberimotivasi dan ispirasi bagi para guru yang mengajrdiTPQ agar lebih menarik dalam mengajar siswa-siswinya di TPQ,” pungkasnya.(agp/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait