Fakultaria
Bijaksana Dalam Menggunakan Gawai
Rabu 2 Mei 2018      Fakultaria
Bijaksana Dalam Menggunakan Gawai

Gawai atau yang lebih dikenal dengan istilah gadget telahmendominasi era digitalisasi saat ini. Hal tersebut kemudian menjadi dilematis bagi sebagain besar orang tua. Pasalnya, orangtua tidak hanya dituntut untuk bijak dalam memberikan apa yang anak ‘mau’. Melainkan, orangtua juga harus bersikap bijak dalam memberikan kesan parenting positif kepada anak sejak dini tanpa meninggalkan digitalisasi.

MelaluiFakultas Ekonomi dan Bisnis menginisiasiseminar parenting bertema“Lindungi Anak dari Kecanduan Internet, Pornografi, dan Game Online”. Seminar tersebut mengundang Dra. Tika Bisono, M.Si.T.Psikologi, ia membahas bagaimana teknologi diciptakan untuk membantu kehidupan manusia yang pada hakikatnya bersifat netral, pengaruh positif atau negatif yang bisa timbul dari perkembangan terknologi tergantung dari kearifan Individu dalam memanfaatkannya.

“Namun pada kenyataannya anak semakin fasih teknologi, sementara masih banyak orang tua, guru, pembimbing yang gagap teknologi, tidak peduli dan memilkih untuk tidak mau belajar teknologi tersebut” jelasnya.

Tika menambahkan bahwa peran orangtua yang dibutuhkan adalah orang tua mampu menyeleksiinformasidalam gawai tersebut.Sehingga anak menerima informasi yang terfilter dari orang tua sesuai usia Anak dan pastikan bangun kerjasama dengan seluruh anggota rumah demi maksimalnya proses parenting tersebut.

Acara seminar yang memberikan nilai edukasi bagi orangtua siswa ini, disambut baik oleh peserta  yang hadir pada saat itu. Salah satunya Fianda Sagita, ibu muda yang dalam seminar tadi tampak serius mengikuti jalannya seminar. “Menurut saya acara itu sangat bermanfaat apalagi buat ibu yang kebingungan untuk mengatasi anaknya yang mulai kecanduan gawai terlebih tadi juga diajarkan bagaimana menangani anak usia 0-5 tahundananak Sekolah Dasar
(SD) yang mulai melek teknologi,“ tutur Fianda.

Diakhir, Tika Bisono menyampaikan diperlukan kearifan dalam pemanfaatan teknologi agar yang diperoleh merupakan hal hal yang positif. Teknologi informasi berfungsi untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang banyak hal secara global. (Han/Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait